You are here
pisang goreng betawi, betawi Stambul Jakarta 

Beda Pisang Goreng dan Pemimpin

pisang goreng betawi, betawiSalam takzim untuk tuan-tuan dan puan-puan semua. Semoga kita semua selalu dalam lindungan yang Maha Kuasa. Jumpa lagi di majelis ini. Berbagi kisah. Bertukar cerita. Saya si tukang cerita hendak berkisah tentang Marsoni yang masih bersarung kotak-kotak, tapi bukan karena dia pendukung Jokowi. Melainkan karena kebanyakan sarung memang kotak-kotak.

Tuan-tuan dan puan-puan tentu sedang menanti gebrakan pemimpin baru Jakarta yang baru sebulan lebih dikit ini dilantik. Begitu pula halnya dengan Marsoni. Di beranda rumahnya, dia asyik membaca koran minggu. Menikmati perpolitikan ibu kota yang sedang hangat membahas pemimpin terpilih kota ini yang punya hobi keliling kampung. Menghitung janji yang harus dilakukan sang pemimpin terpilih tersebut. Sedang dompet Marsoni hanya tinggal selembar cebanan, sebab kemarin malam uangnya habis buat ngajak Marfuah – gadis pujaan hatinya – nonton film.

Sambil bersarung Marsoni duduk di teras rumah. Kopi hangat dan sepiring pisang goreng di meja menemani minggu paginya. Sedang enak-enaknya membaca koran, Bang Udin – tetangga sebelah rumah – datang. Tanpa izin yang punya rumah, dia comot sepotong pisang goreng dan melahapnya. Dan Marsoni pun melirik seraya berkomentar, “Duhai Bang Udin yang bae atinye. Adakah engkau telah mengucapkan salam pada pisang goreng yang memasuki rongga mulut engkau…?”

“Ceile Son. Cuman pisang goreng sepotong aje udah nyindir gitu. Pake bahasa penggede segala lagi. Tau kok gue kalo elu mahasiswa, Son,” jawab Bang Udin.

“Bukan aye nyindir Bang. Tapi kan entu pisang ada pemiliknye. Izin dulu ngape.”

“Iye deh Son. Maaf. Minta ye pisangnya sepotong!”

“Telat,” kesal Marsoni. “Tuh pisang goreng udah masuk mulut Abang.”

Bang Udin cuman mesem-mesem. Bang Udin yang sehari-hari bekerja sebagai satpam sebuah bank di Jakarta ini memang sering main ke rumah Marsoni kalau sedang tidak dinas. Maklum dia pan bujangan kelas kakap.

“Bang Udin, abang kan satpam nih?” tiba-tiba Marsoni mulai omongan.

“Iye. Udah dari dulu kali, Son. Ngape mangnye?”

“Gini Bang.” Marsoni agak serius. Jidatnye berkerut. “Aye mau nanya nih ama Abang?”

Bang Udin ngeliat mimik Marsoni nampak tegang. “Mau nanya ape sih Son? Roman-romannye serius banget nih.”

“Serius banget sih nggak Bang, tapi mayan bikin aye mikir belakangan eni.”

“Apaan tuh?” Kayaknye Bang Udin mulain tertarik ma omongan yang dibuka Marsoni.

Marsoni mesem-mesem. Ngelirik Bang Udin bentaran. Baru dia buka pertanyaan, “Abang tau enggak bedanye pisang goreng ma pemimpin?”

“Pea’ lu. Gue kirain mau nanya serius. Nggak taunye cuman begitu doang,” sungut Bang Udin sambil masupin sepotong pisang goreng ke mulutnye.

“Bang, kesel sih kesel, tapi ngape tuh pisang ikut-ikutan masuk itu mulut,” celetuk Marsoni.  “Lagian aye juga serius ini Bang. Enggak becanda. Abang tau nggak?”

Bang Udin megang dagunye. Mikirin jawaban pertanyaannye Marsoni.  “Ape ye? Aneh-aneh aje pertanyaan lu, Son.”

“Enggak tau nih, Bang?”

“Iye deh. Gue nyerah. Mang apaan bedanye?”

Sebentaran Marsoni diem. Neguk kopinye yang tinggal seemprit. Sedang Bang Udin mulaiin penasaran ama jawaban itu pertanyaan. Melotot dia pandangin wajah Marsoni yang lagi nikmati kopi pada sisa tegukan terakhir. Kate orang sih entu lagi nikmat-nikmatnye.

“Ape Son jawabannye?” kesel Bang Udin liat Marsoni enggak segera menjawab.

Lagi-lagi Marsoni cuman mesem. Rupanye dia seneng ngeliat muka Bang Udin yang penasaran itu. Tapi, akhirnye dia buka mulut juga, “Begini Bang. Ini bedanye. Kalo pisang goreng entu paling sedep kalo dimakannye pas masih anget. Pelagi kalo ditemenin ma kopi kayak gini.”

Marsoni berhenti sejenak seraya meminum kopinya yang tinggal setegukan itu. Sedang Bang Udin mangkin penasaran, “Terus kalo pemimpin?”

“Nah kalo pemimpin entu yang paling sedep justru bukan pas masih anget die jadi pemimpin. Sebab kalo masih awal-awal mimpin pan die masih jaim (jaga image) dan cari-cari muka ma warganye. Belon keliatan seperti ape karakternye. Seperti ape kerjanye. Entar kalo udah mulai lamaan dikit die mimpin. Udah mulaiin dingin, baru dah kite liatin gimane die mimpin. Masih konsisten enggak ma di awal-awal. Ato udah mulaiin melintir sono melintir sini. Nah saat entu deh baru sedep. Kalo tetep seanget pas awal-awal die mimpin ya kudu kite hargain kesungguhannye mimpin. Kalo justru nyimpang ya kite tegor. Kalo mang nggak bisa ditegor ya kite demo. Biar pegimane pan kite nggak mau kampung kite mangkinan blangsak. Iye pan Bang?”

Bang Udin cuman bengong diceramahin Marsoni, mahasiswa semester banyak yang skripsinya sampe sekarang masih bingung mau ngomongin apa. Dia cuman bisa manggut-manggut dengerin omongan Marsoni. “Iye, Son. Tapi hubungannye ama satpam ape, Son?” tanya Bang Udin yang tetap bingung.

Tuan-tuan dan puan-puan tentulah juga berpikir-pikir, apalah kiranya hubungan pertanyaan Marsoni sama Bang Udin yang satpam itu. Berikut inilah jawaban Marsoni pada Bang Udin seraya merapihkan sarungnya, “Nah satpam entu kerjaannye pan ngawas. Jadi pan jago banget tuh kalo die ngawas-ngawas. Jadi bantu deh Bang ngawasin pemimpin kite biar nggak salah langkah.”

“Kampret lu. Kalo entu mah tanggung jawab semua warga. Termasuk lu nyang mahasiswa,” umpat Bang Udin yang kesel sama Marsoni. Sedang marsoni udah ambil langkah seribu. Masuk ke dalam rumah seraya membawa piring pisang gorengnye yang tersisa tiga potong tersebut. Bang Udin pun hanya bisa tersungut-sungut sama tingkah tetangganya itu.

Tuan-tuan dan puan-puan, demikianlah kiranya saya punya cerita kali ini. Tentang Marsoni dan Bang Udin yang ngomongin pisang goreng sang pemimpin. Eh, maksudnye beda pisang goreng ama pemimpin. Semoga ada manfaat bagi kita semua. Terutama dalam bermasyarakat di kota tercinta kita ini.

 

Tabe. Wassalam…

                                                                                                                                                Bang Hamdan

Mencos, 18 November 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related posts

Leave a Comment