You are here
Jakarta486 Berita Betawi Kliping Sekitar Jakarta 

Serba-serbi Betawi Meriahkan HUT DKI ke-486

Jakarta486HUT DKI ke-486 Juni mendatang dipastikan akan berlangsung meriah. Kemeriahan tersebut tak lain karena Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) yang selama ini konsen dengan pelestarian budaya Betawi juga telah mencanangkan satu gebrakan baru bertajuk, Citi Cinte Betawi yang akan mengenalkan sejumlah kesenian dan budaya asli Betawi mulai dari pencak silat, tari, batik Betawi, hingga gambang kromong.

Dalam event yang akan digelar 15 Juni tersebut, LKB menggaet salah satu bank asing di Indonesia untuk ikut terlibat langsung. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan seni budaya Betawi kepada lingkup yang lebih luas.

Ketua Umum LKB, Tatang Hidayat, mengungkapkan selain mengenalkan, pada acara kali ini LKB juga mengajak para karyawan dan nasabah bank tersebut untuk menjadi pelaku seni Betawi.

“Acara ini merupakan pengembangan dari konsep Kibar Cinte Betawi 1 dan 2 yang kita selenggarakan tahun-tahun lalu. Selain untuk memperkenalkan budaya Betawi kepada nasabah bank tersebut, juga untuk mengangkat dan melestarikan budaya Betawi secara umum," ujarnya, Selasa (23/4).

Ia menyebutkan, pada kesempatan kali ini pihak bank tersebut juga akan memberikan bantuan kepada sanggar-sanggar yang terlibat.

“Citi Cinte Betawi akan digelar di Gedung Arsip Nasional. Perbedaan event ini dengan event lainnya, karena selain menyajikan hiburan berupa atraksi palang pintu dan gambang kromong, juga akan diadakan pelatihan-pelatihan. Antara lain pelatihan dasar pencak silat Betawi untuk 100 orang, mencanting batik untuk 150 orang, belajar tari Betawi, dan membuat suvenir kuliner Betawi," beber tokoh muda NU tersebut.

Pada kesempatan yang sama, lanjut Tatang, LKB juga akan memberikan penghargaan kepada pihak bank tersebut, sebagai bank pelopor yang menunjukkan kepedulian terhadap seni budaya Betawi. "Semoga para investor asing lainnya dapat mengikuti langkah positif ini," harapnya.

sumber : beritajakarta.com

gambar : ahok.org

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related posts

Leave a Comment