You are here
Pelajar memakai pakaian Betawi Sekitar Jakarta 

Pelajar di DKI Jakarta akan Berseragam Gaya Betawi

Pelajar memakai pakaian BetawiJoko Widodo atau yang lebih dikenal dengan Jokowi meminta pelajar di DKI Jakarta menggunakan seragam pakaian khas Betawi yakni baju sadariah untuk siswa dan seragam model kebaya encim untuk siswi seminggu sekali. Kebijakan yang akan dituangkan dalam Peraturan Gubernur (PerGub) ini akan berlaku dalam tiga-empat bulan ke depan setelah disahkan.

Gubernur DKI Jakarta itu menilai perlu mengeluarkan kebijakan tersebut sebagai upaya melestarikan budaya Betawi di kalangan pelajar. Di tahap awal, sebagai percobaan Jokowi akan meminta dua sekolah di setiap wilayah Jakarta untuk menerapkan kebijakan ini.

"Saya pikir sementara dua sekolah di setiap wilayah, jadi 10 sekolah," kata Jokowi, Rabu (1/5/2013), di Jakarta.

Penggunaan pakaian khas Betawi sebelumnya sudah diterapkan di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI sejak awal tahun 2013. Seluruh pegawai negeri sipil laki-laki wajib mengenakan sadariah dan untuk wanita mengenakan kebaya setiap hari Jumat.

Satu lagi kebijakan Jokowi terkait pakaian adat, guna menekan perilaku negatif yang kemungkinan terjadi selepas pengumuman hasil UN, Jokowi mewajibkan seluruh siswa untuk mengenakan pakaian adat nusantara saat ke sekolah di hari pengumuman hasil Ujian Nasional.

Redaksi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related posts

Leave a Comment