You are here
matah ati Berita Betawi Sekitar Jakarta 

“Ariah” Pagelaran Musikal Tari Kolosal Betawi

matah ati

Hari Ulang Tahun ke-486 DKI Jakarta akan dimeriahkan oleh pagelaran musikal tari kolosal bernuansa Betawi, "Ariah". Berkisah tentang sosok Ariah yang merupakan pejuang perempuan dalam pemberontakan Tambun pada tahun 1800-an perjuangan perempuan melawan penjajah Belanda dan centeng orang Cina di Batavia demi mempertahankan martabat dan kehormatannya.

Pagelaran yang akan berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 28-30 Juni 2013 pada pukul 19.00 WIB di sisi selatan Monas merupakan gagasan dari Jay Subiakto, dengan melibatkan 200 penari yang berasal bukan hanya dari Jakarta saja tetapi merupakan hasil audisi dari seluruh Indonesia yang merupakan simbol dari keanekaragaman penduduk yang mendiami Ibu Kota.

Unsur musikalitas pagelaran ini akan diisi oleh 100 musisi orkestra arahan Erwin Gutawa. Erwin tak hanya membawa musisi dengan alat musik modern dalam orkestranya tetapi juga turut memasukkan unsur tradisional Betawi seperti rebana biang, rebab, gamelan ajeng dan gambang kromong.

"Ariah" akan dipentaskan di panggung terbesar di Indonesia yakni sepanjang 72 x 48 meter dengan tiga level ketinggian, yaitu 3, 7, dan 10 meter. Tiga level tingkatan itu merupakan simbol tiga tingkatan Monas, yaitu cawan, tugu, dan emas. Pada beberapa bidang panggung juga akan dibuat miring dengan sudut 15, 20, dan 35 derajat.

Pemerintah DKI Jakarta sudah menyiapkan 15 ribu tiket untuk pagelaran ini, 10 ribu tiket merupakan tiket gratis yang akan disebar di kampung-kampung sedangkan 5 ribu tiket akan dijual dengan maksud agar seluruh kalangan dapat menyaksikan pagelaran akbar tersebut.

~..:Berbagai Sumber:..~

gambar: solopos.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related posts

Leave a Comment