You are here
lebaran betawi Berita Betawi Sekitar Jakarta 

Kemeriahan Lebaran Betawi 2013

Lebaran Betawi merupakan ajang komunikasi dan silaturahmi masyarakat Jakarta yang multikultur dengan masyarakat Betawi. Salah satu tujuannya, mewujudkan Jakarta sebagai kota budaya dan pusat kebudayaan nusantara.

Konsep Lebaran Betawi tahun ini adalah pesta taman perkampungan betawi, dengan menonjolkan kemajemukan Jakarta. Selain menyajikan kuliner khas Betawi, tarian Betawi, tanjidor, gambang kromong, permainan tradisional, orkes sambrah, lenong hingga silat Betawi  juga dihadirkan dalam lebaran itu.

Tradisi silaturahmi gaya Betawi ditunjukkan oleh perwakilan enam wilayah DKI Jakarta dengan membawa "anteran" atau "hantaran" berupa makanan khas Betawi yang kemudian  diberikan  kepada Gubernur DKI Jakarta. Prosesi "anteran" itu diiringi tarian Betawi, tanjidor, gambang kromong dan lain-lain.

Prosesi dimulai oleh Kepulauan Seribu, yang memberikan hantaran khas seperti keripik sukun, sate gepuk, dan beberapa makanan lainnya. Selanjutnya Jakarta Timur memberikan hantaran seperti kue cucur, asinan Betawi. Jakarta Utara, memberikan hantaran seperti nasi uduk, tape uli, kolang-kaling, kue semprong, kembang goyang, dan beberapa khas lainnya. Sementara Jakarta Selatan memberikan hantaran berupa pepes gurame, kue lapis, kue cucur, dodol Betawi dan makanan lainnya.

Begitu pun dengan Jakarta Barat memberikan hantaran berupa dodol Betawi, nasi uduk, kembang goyang dan lainnya. Sedangkan Jakarta Pusat memberikan hantaran berupa roti buaya, pesmol kacang, selendang mayang, opor ayam, dan makanan khas lainnya. Jokowi pun selanjutnya meninjau setiap stand dari keenam wilayah tersebut.

berikut sebagian foto-foto yang berhasil dirangkum tim CinteBetawi.com

lebaran betawi

kepulauan seribu

tanjidor betawi

beksi betawi

foto ondel2 betawi

betawi kemayoran

betawi Jakbar

betawi jakpus

betawi jaktim

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related posts

Leave a Comment