You are here
Berita Betawi Tokoh Betawi 

Amanah Mpok Nori : Anak Muda Jangan Malu Sama Budaya Betawi

mpok nori

Seniman legendaris Betawi yang berbakat Mpok Nori kini telah berpulang, kehilangan sosok sang penghibur tersebut tidak hanya dirasakan oleh keluarga dan kerabatnya saja. Tapi juga dirasakan para penggemar almarhumah yang tergabung dalam beberapa komunitas pecinta kesenian Betawi, salah satunya Komunitas Topeng Setia Warga (KTSW).

KTSW merupakan salah satu komunitas yang menaungi segala aktivitas yang berbau kesenian Betawi, seperti kesenian topeng, lenong, dan ragam seni lainnya. Komunitas ini terdiri atas para penggemar kesenian khas Betawi dan para aktor dan aktris yang memajukan budaya betawi, salah satunya Mpok Nori.

"Mak Nori adalah sosok senior yang tertua yang bergabung di KTSW, dia panutan kami," ujar Rawi Betawi, salah satu anggota dari KTSW yang ikut mengantar jenazah Mpok Nori ke peristirahatan terakhirnya, di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Jumat 3 April 2015.

Sedih dan duka kepergian seniman Betawi tersebut menjadi duka yang mendalam bagi dunia seni , Sosok perempuan berusia 84 tahun ini, menurut Rawi, adalah sosok penuh inspirasi dan selalu memberikan wejangan kepadanya, dan anggota komunitas lainnya.

"Beliau selalu berpesan pada generasi muda Betawi, untuk selalu memajukan budaya Betawi, tidak malu berbahasa Betawi, dan tidak melupakan budaya Betawi," katanya.

Rawi juga mengatakan, dirinya dan semua anggota komunitas pecinta kesenian Betawi akan berembuk dan membicarakan nasib sanggar seni, Demi mengemban amanat dari Mpok Nori.

"Kami akan menjalankan amanah beliau, dan akan selalu memajukan budaya Betawi, kesenian betawi, dan bahasa Betawi, sesuai permintaan beliau," kata Rawi.

Sumber: Indopos

Gambar: Tempo/ Rini PW
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related posts

Leave a Comment