You are here
bebedugan Kabar Ora Seni dan Budaya Tangerang 

Bebedugan, Inovasi Seni Pertunjukan Betawi Khas Kampung Benda

bebedugan

Seni pertunjukan adalah sebuah seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok dengan didukung oleh empat unsur: waktu, ruang, gerak tubuh dan hubungan seniman dengan penonton. Seni pertunjukan termasuk di dalamnya adalah seni tari, pentas musik, teater dan akrobat. Sebagai contoh, seni pertunjukan Betawi di antaranya adalah Lenong dan Topeng Blantek (seni teater), Ronggeng dan Cokek (seni tari),  Tanjidor dan Samrah (seni musik).

Sedangkan inovasi sendiri adalah sebuah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada. Dalam seni pertunjukan, inovasi dimungkinkan dengan memadukan beberapa unsur seni pertunjukan menjadi satu.

Bebedugan secara harfiah diartikan “main bedug, memukul-mukul bedug” , namun arti sebenarnya adalah nama sebuah seni pertunjukan khas Kampung Benda di Kota Tangerang yang merupakan hasil inovasi dari perpaduan beberapa unsur seni Betawi di antaranya Silat Beksi (seni bela diri) dan Tari Lenggang Cisadane (seni tari) yang diiringi Rampak Bedug (seni musik) dan diberi sedikit unsur cerita dan lagu di dalamnya.

Pentas Bebedugan yang digagas Komunitas Bujug Buneng ini diawali dengan Silat Beksi  yang dimainkan lima orang pesilat dengan mengeluarkan jurus-jurus Beksi sederhana kemudian dilanjutkan dengan Tari Lenggang Cisadane dengan empat orang penari, setelah beberapa menit para pesilat masuk lagi untuk ikut dalam tarian dan dipadukan sedikit cerita hingga para pesilat bertarung satu dengan lain sampai tersisa seorang pesilat yang menutup pentas. (lihat video)

Seni yang telah ditampilkan beberapa kali ke masyarakat ini memang belum sempurna dan masih terus berproses untuk memiliki ciri khas yang kuat sebagai sebuah entitas seni pertunjukan baru dalam khasanah budaya Betawi. Dukungan banyak pihak dari berbagai elemen masyarakat untuk ikut mengembangkan seni Bebedugan sangat diperlukan, baik dukungan berupa ide/ gagasan pengembangan unsur seni itu sendiri maupun dukungan dengan memberi ruang dan waktu pentas lebih banyak agar Bebedugan semakin populer di masyarakat. (CB)

Berbagai Sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related posts